ULASANTEMPAT.COM

Azizi Mosque

Alamat Jl. Masjid No.1, Pekan Tanjung Pura, Tanjung Pura, North Sumatra
Kategori Mosque
Peringkat 4.7 32 ulasan
Perusahaan serupa di dekatnya
Nurul Iman Mosque — Jl. Lintas Sumatra No.115, Paya Perupuk, Tanjung Pura, North Sumatra

Azizi Mosque ulasan

32
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
yamin
13 September 2019 5:58

Rumah ini adalah Masjid rumah Allah.
Ayo mari sama-sama kita ramaikan untuk mengisi masjid yang ada di desa-desa kita maupun yang di kota-kota. Kalau tidak dari kita yang mengisi masjid siapa ya lagi. Mari ramaikan masjid yang di sekitar kita.

Mukhlis
27 Agustus 2019 19:21

Masjid Azizi adalah masjid yang bersejarah di kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Berada di sekitar kota Tanjung Pura. Bentuk masjid ini kental dengan ornamen khas Melayu dan Persia. Masjid ini didirikan pada pemerintahan Kesultanan Langkat. Di halaman masjid ini juga terdapat makam salah seorang sastrawan Nasional yaitu Amir Hamzah. Masjid kebanggaan masyarakat Tanjung Pura ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang melintasi daerah tersebut.

Kopi
23 Agustus 2019 11:02

Pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap warisan bersejarah peninggalan kerajaan melayu yg ada di SUMUT

Dias
26 Juli 2019 13:49

Suka dengan tempat bersejarah ini, dan saya baru tau bahwa ada kesultanan langkat disini, tapi sayang ketika saya bertemu dengan masyarakat sekitar mereka mengatakan bahwa istana kesultanan langkat sudah tidak ada karena dibakar oleh masyarakat pada zaman dulu. Yang ada kini hanya gapuranya aja, nah buat yang penasaran kalian bisa melihat langsung gapuranya yg sekarang menjadi salah satu sekolah negeri di langkat. Ketika saya kesana saya merasakan seperti berada dikota mati, itu dikarenakan sekarang kota tanjungpura tidak lagi menjadi ibukota kabupaten langkat.

Israr
14 Juli 2019 7:25

Masjid bersejarah yg merupakan bagian dari perjalanan kesultanan Langkat. Bangunan masjidnya sendiri tidaklah terlalu besar untuk menampung jamaah, tapi terletak di area yg luas, terdiri dari halaman, makam anggota kesultanan, tempat wudhu yang besar. Di area pemakaman kita bisa menemukan makam Tengku Amir Hamzah, pahlawan nasional yang dibunuh saat pemberontakan di Sumatra. Untuk masjid karena mempertahankan material dan bangunan lama, sedikit terkesan kurang bersih. Tapi kesan ini sebenarnya bisa dihapus jika pihak pengelola lebih sigap dalam membersihkan setiap jengkal area masjid termasuk tempat wudhu, serta karpet masjid.

Girang
04 Juli 2019 13:29

Mesjid ini terkait sejarah dgn kesultanan langkat. Mulai dibangun pada tahun 1320 H (1899M) masa Sultan Musa dan diteruskan oleh putranya yang bergelar Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah (1897-1927) Sultan Langkat ke-7 pada tanggal 12 Rabiul Awal 1320H (13 Juni 1902 M)  dan perubahan kerajaan menjadi kesultanan.

m asrul indra
16 Juni 2019 21:38

Yang ada dibenak ku saat sholat dan berada di Masjid Azizi hanya satu. Betapa luar biasanya ummat Islam pada zaman dahulu. Membangun Masjid yang seindah ini bukan hal yang mudah. Saya membayangkan saya hidup di zaman Masjid ini baru di bangun. Saat masuk kedalam Masjid, rasanya luar biasa hati saya. Seperti masuk kedalam zaman yang dahulu. Masya Allah. Allahu Akbar.

Amiruddin
27 Mei 2019 7:14

Salah satu tempat yg bersejarah di kota Tanjung pura.bangunannya sangat berejarah, terdpAt makam salah satu sastrawan Amir Hamzah.cukup nyaman.saya beri 5 star karena saya sedang ziarah kesana.

Dian
26 April 2019 17:58

Mesjid yang sangat bersejarah
Yg ada di kota langkat tj pura
Dan disampingya ada pemakaman yg sangat bersejarah dan halamanya lumayan luas

Aris
25 April 2019 9:49

Salah satu mesjid tertua di sumatera utara, Mesjid Azizi di mulai bangun pada tahun 1899 dan selesai pada tahun 1902. Bangunan mesjid berarsitektur campuran Timur Tengah dan India dengan luas bangunan 25x25m dapat menampung sekitar 2000 jemaah.

Misran
14 April 2019 0:20

Masjid Azizi berdiri di atas tanah seluas 18.000 meter persegi, Masjid Azizi dibangun atas anjuran Syekh Abdul Wahab Babussalam pada masa pemerintahan Sultan Musa al-Muazzamsyah. Mulai dibangun pada tahun 1320 H (1899M) atau setidaknya 149 tahun sejak Langkat resmi berdiri sebagai Kesultanan, namun Sultan Musa wafat sebelum pembangunan masjid selesari dilaksanakan. Pembangunan diteruskan oleh putranya yang bergelar Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah (1897-1927) Sultan Langkat ke-7.

Rancangan masjid ditangani oleh seorang arsitek berkebangsaan Jerman, para pekerjanya banyak dari etnis Tionghoa dan masyarakat Langkat sendiri. Sedangkan bahan bangunan didatangkan dari Penang Malaysia dan Singapura dengan menggunakan kapal ke Tanjungpura. Pada masa itu sungai Batang Serangan masih berfungsi baik dan kapal-kapal dengan tonase 600 ton dapat melayarinya.

Masjid Azizi diresmikan sendiri oleh Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw dan peringatan perubahan Kerajaan menjadi kesultanan Langkat pada tanggal 12 Rabiul Awal 1320H (13 Juni 1902 M) menghabiskan dana sekitar 200,000 Ringgit, dan dinamai masjid Azizi sesuai dengan nama Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah.

Imam
11 Maret 2019 14:28

Masjid peninggalan Kesultanan Melayu Langkat dengan gaya arsitektur campuran Melayu, India, dan Eropa.

Ade
10 Februari 2019 12:38

Mesjid yang sangat bersejarah di Tanjung Pura, khususnya di kabupaten langkat, merupakan mesjid yg dibangun oleh kesultanan Melayu deli,

Rizki
27 Januari 2019 10:39

Mesjid besar dan tua d kabupaten langkat yg memiliki banyak sekali sejarah penyebaran dan pengajaran agama islam.
Disini jga terdapat makam para tuan2 guru yg sangat disegani pada masanya karena telah mngajari ribuan santri dari berbagai negara yg mendalami ilmu agama islam.

Haryo
17 Januari 2019 22:34

Masya Allah, luas banget masjidnya. Nyaman, indah. Sejuk didalamnya, padahal tanpa ac ataupun kipas angin. Tempat wudhu luas dan tersedia banyak keran.

Mega
03 Januari 2019 7:49

My dream could visit this Mosque. Back from Pangkalan Brandan I visited and stop in Mesjid Azizi for pray too. I proud that longtime ago, here had Kesultanan (Kingdom of Melayu). And this mosque built more than 100 years.
I proud as Langkat's citizen, we have a pretty and awesome Mosque as Mosque Azizi

Mohammad
23 November 2018 18:33

Klo ngelihat masjid ini, jadi teringat kakek n nenek moyang ku, karena mereka lahir n tinggal di daerah situ, dan di kuburan dalam area masjid itulah Atok n Andung ku di kebumikan, salam rindu utk kel besar Atok Hamdan dimana saja berada, salam rindu dari kemayoran Haji ung jakpus.

Fachrur
21 November 2018 4:44

Salah satu masjid bersejarah di tanjung pura. Arsitektur nya sangat khas dengan warna ciri dari kerajaan melayu. Masjid ini sangat mudah ditemukan. Walaupun dari luar terlihat besar, namun ketika berada di dalam, masjid ini akan terasa tidak besar. Sayangnya masjid ini tidak memiliki lahan parkir yang mencukupi.

Rudi
15 November 2018 11:30

Masjid Azizi adalah masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Langkat. Masjid megah yang berada di pinggir jalan lintas ini memiliki arsitektur yang cantik dan khas.

Di sisi masjid juga terdapat makam pahlawan nasional, Tengku Amir Hamzah.

Erwan
27 September 2018 14:08

Termasuk salah satu mesjid yang bersejarah di sumatera utara, corak bangunannya berkonsep melayu yang kental, kalau mau ke banda aceh, pasti mgelewati mesjid ini, atau bisa berhenti sejenak untuk beribadah disini.

Tambahkan ulasan