ULASANTEMPAT.COM

SMA Trensains Sragen

Alamat Dawe RT.15/06, Banaran, Kec. Sambungmacan, Jawa Tengah
Telepon +62 271 8857050
Situs web www.trensains.sch.id
Kategori Senior High School
Peringkat 5 9 ulasan
SMA Trensains Muhammadiyah Sragen
Perusahaan serupa di dekatnya
SMA Negeri 1 Ketanggungan — Jl. KH. Muhtadi, Karangmalang Dua, Karangmalang, Central Java
SMA Negeri 1 Sidareja — Jl. Raya Kunci, RT.04/RW.05, Cikondang, Kunci, Kec. Sidareja, Jawa Tengah
SMA Negeri 1 Klaten — Jl. Merbabu No.13, Gayamprit, Kec. Klaten Sel., Jawa Tengah
SMAN 2 Purworejo — Jl. Tunas Patria, Bandung, Kutoarjo, Central Java

SMA Trensains Sragen ulasan

9
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Yardan
14 April 2023 23:01

Semoga SMA trensains ke depannya makin maju sukses dan dari tahun ke tahun bertambah muridnya

Tri
22 Maret 2023 14:02

Survey sekolah untuk anak, pesantren modern, luas, bersih, asri.semoga Allah SWT memudahkan jalan untuk masuk ke pondok pesantren ini.aamiin

aria
13 Mei 2022 15:17

Pesantren Sains hanya ada 2 di Indonesia, berusaha menciptakan kader sains dan tehnologi, fokus ke ilmu pengetahuan jurusan IPA

Sang
08 Juli 2021 16:35

Ada guru Hebat di sini. Beliau berasal dari Banyuwangi. Pengalamannya luas. Namanya Pak Agus Widayoko

Tiyo
02 Juli 2021 0:01

Pesantren Sains pertama di dunia Islam, mengemban misi membangkitkan peradaban Islam di dunia teknologi yang mutakhir.

mohammad
20 Januari 2020 21:36

Sekolah yang terinspirasi dari karya fenomenal pak Agus Purwanto, D. Sc, ayat ayat semesta, nalar ayat ayat semesta, dan belajar bahasa Arab Hikari, yang menjadikan Al-Qur'an sebagai basis epistemologi ilmu pengetahuan, sehingga memiliki laboratorium yang tidak dimiliki oleh lembaga lain yaitu laboratorium ayat ayat semesta.
Good luck Trensains

Muhammad
19 Desember 2019 3:54

This boarding school offers tranquility. In the morning, you have a wide panoramic view of mount Lawu. The view itself becomes prettier as it is close to evening.

Hakim
13 Desember 2019 11:06

TRENSAINS: Pesantren Sains Pertama di Indonesia, Dilaunching Muhammadiyah di Sragen

SRAGEN, trensains.sch.id– Hari ini, Ahad (5/11/2013) adalah hari yang bersejarah bagi Indonesia khususnya Sragen. Pasalnya, Pesantren Sains di Indonesia untuk pertama kalinya diresmikan di Sragen.  Adalah SMA TRENSAINS MUHAMMADIYAH SRAGEN merupakan proyek pertama yang mengawali lahirnya ide Pesantren Sains. Resmi dilaunching pada 1 Muharram 1435 H, yang bertepatan dengan 5 November 2013.  Diresmikan oleh PP. Muhammadiyah yang diwakili oleh Dr. Abdul Mu’ti, M. Ed dan penggagas Trensains Agus Purwanto, D. Sc.

Trensains adalah kependekan dari Pesantren Sains yang merupakan sintetis dari pesantren dan sekolah umum bidang sains. Merupakan lembaga pendidikan setingkat SMA yang merupakan proyek baru di Indonesia, bahkan mungkin di dunia Islam.

Trensains tidak menggabungkan materi pesantren dan ilmu umum sebagaimana Pondok Pesantren (Ponpes) modern. Trensains mengambil kekhususan pada pemahaman Alquran, sains kealaman (natural science) dan interaksinya.

Interaksi antara agama dan sains merupakan materi khas trensains dan tidak ada dalam Ponpes modern.

Kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris menjadi kemampuan dasar bagi para santri. Selain menjadi alat komunikasi, di Trensains bahasa Arab juga digunakan sebagai alat analisis awal dalam menalar ayat-ayat al-Quran khususnya ayat-ayat kauniyah.

Trensains juga membimbing para santrinya untuk mempunyai kemampuan nalar matematik dan filsafat yang memadai. Konsep dasar limit, diferensial dan integral perlu diperkenalkan sebagai alat analisis dan memahami konsep fisika. Nalar dan spirit filosofis diperlukan untuk berfikir runut, tuntas dan mendasar.

Jika umumnya pesantren mengharapkan alumninya menjadi ulama syariah (hukum Islam), maka proyeksi alumni Trensains adalah lahirnya ulama-ulama yang memiliki spesialisasi di bidang sains kealaman, teknologi, dan dokter yang mempunyai basis Alquran, kedalaman filosofis serta keluhuran akhlak.

SMA dengan kurikulum penggabungan antara al-Quran dan sains ini tergolong baru, belum ada padanannya di Indonesia. Berbeda dengan sekolah lainnya yang sekedar menghubungkan antara keduanya dengan garis persamaan atau sekedar pencocok-cocokan. Trensains di sini lebih dari itu, karena menuntut lahirnya sains dari pemahaman ayat kauniyah dari al-Quran, menuntut adanya instrumen keilmuan alam yang terinspirasi langsung dari pemahaman struktur al-Quran, per-kosakata,  munâsabah, dan semua dimensi kemukjizatan al-Quran.

Abdul Mu’thi  mengatakan bahwa dirinya bersama PP Muhammadiyah memberikan dukungan penuh akan berdirinya Trensains di Sragen. Lebih dari itu beliau berharap agar dengan lembaga ini, umat Islam keseluruhan bisa mengulang kembali sejarah emas dimana seluruh keilmuan saling terkoneksi dan terintegrasi, tidak lagi terdikotomi dalam kotak-kotak yang justru akan membuat umat Islam mundur.

"Dengan adanya Trensains kita berharap bisa melahirkan kembali sosok Ibnu Sina yang ahli agama tapi disaat yang sama juga ahli dalam bidang  ilmu kedokteran dan filsafat. Begitu juga Ibnu Rusyd yang mahir akan keintelektualan ilmu fikih tapi tidak buta akan filsafat dan ilmu-ilmu lainnya. Penemuan angka nol, pemetaan geografi bumi, optik, kedokteran,   itu semua mempunyai rahim dari keintelektualan kaum muslim yang harus kita raih kembali. ” Ujar Abdul Mu’thi.

Akhirnya acara ditutup dengan peresmian Trensains oleh Abdul Mu’thi yang membubuhkan tanda tangan di atas marmer bertuliskan “Dengan Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala  SMA Trensains Telah Diresmikan”, tertanda, Dr. Abdul Mu’thi, M. Ed. Disaksikan langsung oleh Kreator Trensains Agus Purwanto, D. Sc.dan segenap peserta yang dengan semangat menggemakan takbir dan tahmid kepada Allah Swt. (HZ)

AR Sugeng Riyadi
06 Oktober 2019 23:43

Alhamdulillaah.

Setelah sekian lama berniat mengunjungi SMA "khash" atas arahan sahabat dan senior serta guru terhormat, Gus Pur a.k. A ustadz Agus Purwanto, D. Sc, akhirnya.

Sabtu, 20 Dzulqodah 1440 H (20 Juli 2019 M) diperkenankan bersilaturrohmi dengan para Pimpinan dan Dewan Guru SMA Trensains ini.

Sowan tak terduga ini sekaligus misi saya menemani Pak Henset - ImahNoong mengantar seperangkat Teleskop dan sekaligus berbagi inspirasi mengembangkan ilmu astronomi di Indonesia.

Ke depan pelan namun in syaa Allaah pasti, akan segera berdiri Observatorium baru di lingkungan sekolah, dan SMA Trensains adalah pioner baru. Selamat datang di dunia tanpa batas. One Sky One Obsevatorium

Dan alhamdulillaah, sebelum pulang saya sempatkan menunggalkan dua file foto 360°, satu di Meeting Room dan satu lagi di Halaman komplek putri.

Wassalaam.

Tambahkan ulasan