ULASANTEMPAT.COM

Sentra Kerajinan Bambu Dusun Cakran

Alamat Cakran, Kebonsari, Borobudur, Central Java
Jam 00:00-24:00
Kategori Handicraft
Peringkat 4.5 6 ulasan
Perusahaan serupa di dekatnya
Kerajinan Kaleng Bekas Karya Baru — Pongangan, RT.25 / RW.13, Ngadirejo, Salaman, Pangayan, Ngadirejo, Kec. Salaman, Jawa Tengah
Tingal Art Batik Borobudur — Tingal kulon No.rt 02, Dusun 7, 02wanurejo, Kec. Borobudur, Jawa Tengah
GALERI PANDAN NGARAN — Dusun Ngaran 2, RT.03/RW.06, Dusun XIX, Jawa, Kec. Borobudur, Jawa Tengah

Sentra Kerajinan Bambu Dusun Cakran ulasan

6
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Afik
27 November 2020 18:57

Tempat dimana wisatawan bisa melihat langsung bahkan bisa membuat sendiri kerajinan bambu sesuai dengan kreasinya

Aditya
25 Oktober 2019 5:51

Perlu teman-teman ketahui, ada begitu banyak pengrajin di sekitar Borobudur, seperti pengrajin gerabah, pahat patung, pahat kayu, pengrajin bambu dan masih banyak yang lain. Yang mana kerajinan-kerajinan itu biasanya dipasokkan ke pedagang di candi Borobudur. Begitu banyak orang yang datang ke Borobudur tentunya akan tertarik dan membeli cinderamata khas Borobudur sebagai oleh-oleh.

Tepatnya Di Dusun Cakran, Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini, ada salah satu pengrajin bambu. Namanya Bapak Kisnadi, beliau mengolah limbah bambu, yaitu bambu Carangan, beliau menyulap bambu Carangan menjadi berbagai kerajinan. Bermula dari inisiatif ayahnya, kini Bapak Kisnadi mengembangkan usaha kerajinan bambu ini dengan nama rumah produksi Ampel Jaya. Ditempat ini dibuat berbagai macam kerajinan yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berawal dari melihat begitu banyaknya bambu yang berserakan di kampungnya yang biasanya hanya digunakan untuk bahan bakar, maka dari itu bambu-bambu Carangan dimanfaatkan oleh Bapak Kisnadi menjadi barang yang cantik dan mempunyai nilai jual.

Bambu-bambu Carangan yang telah dikumpulkan dipotong-potong lalu direbus dan dijemur baru diolah seperti dipotong kecil-kecil, dicat, digerenda dan proses yang lain sesuai kebutuhan. Bambu-bambu tersebut diolah sedemikian rupa menjadi berbagai kerajinan, seperti ballpoint, kemoceng, kerai, gelang, sarung gelas dan lain-lain.

Untuk membuat kerajinan ini Bapak Kisnadi dibantu oleh tetangga dan warga sekitar, karena begitu banyaknya pesanan. Untuk pemasaran kerajinan hasil buatannya, Bapak Kisnadi biasanya memasarkan di sekitar Borobudur, Magelang dan Yogyakarta bahkan pemasarannya juga telah sampai ke luar Jawa dan Luar Negeri.

Selain Bapak Kisnadi ada juga pengrajin bambu di sebelah kampungnya, tepatnya di Dusun Dalangan, Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dengan nama rumah produksi Ampel Antique, yang dikelola oleh Bapak Anang.

“Kerajinan ini berdiri sekitar tahun 90-an dan sudah turun temurun sampai sekarang”, kata Bapak Anang. Bambu yang digunakan disini adalah bambu Ampel atau orang sering menyebutnya pring Ampel. Pemilihan bambu Ampel ini karena bambu ini memiliki motif alami yang khas serta dari sisi ketahan bahan sangat berkualitas dan tidak mudah patah.

Dengan bambu Ampel ini Bapak Anang membuat berbagai kerajinan seperti ballpoint Pinocchio, gelang, kalung, gantungan kunci, bros dan lain-lain. Yang telah dipasarkan ke kebeberapa kota seperti Magelang, Yogyakarta, Semarang dan keluar Jawa bahkan sampai ke Mancanegara.

Nurul
10 Juni 2019 10:40

Tempat ini Cocok buat yg mau beli atau liat pembuatan kerajinan bambu

Ando
13 Januari 2019 23:26

Tempatnya para pengkrajin bambu atau oenak pernik sufenir yg cocok buat kaum muda sampe kaum ttua renta hehe

Ditaa
23 Desember 2018 19:51

Tempat para pengrajin souvenir dari bambu. Cocok untuk souvenir ulang tahun dan pernikahan

Vendi
20 Januari 2017 11:29

Wisata yang paling baguss kalo gk datang bli olh2 wwaahhh pasti nyeselll? Harus bwa olh2

Tambahkan ulasan