ULASANTEMPAT.COM

MONUMEN RENVILLE

Alamat Derman, Joho, Kec. Bawang, Jawa Tengah
Jam 00:00-24:00
Kategori History Museum
Peringkat 4 9 ulasan
Perusahaan serupa di dekatnya
Waroeng Sate Pak Dul Tjepiring — Jl. Sri Agung, Cepiring Tengah, Cepiring, Central Java
Qimo / Rumah Kartini /Jepara Hari Ini — Jl. KH. Moliki No.02, Pengkol VII, Pengkol, Kec. Jepara, Jawa Tengah
Museum Kereta Api Ambarawa — Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Central Java
National Press Monument — Jl. Gajahmada No.59, Timuran, Banjarsari, Central Java

MONUMEN RENVILLE ulasan

9
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
alfonsus
08 Juni 2023 22:16

Monumen ini menjadi penanda hasil perjanjian renville. Wilayah yg menjadi kekuasaan belanda dan Indonesia di tandai dengan adanya monumen ini.

Priyono
11 Juni 2022 20:19

Menjadi kebanggaan tersendiri menjadi warga Joho yang mempunyai monumen sejarah perjuangan.

Yon
30 Agustus 2021 12:32

Tempat bersejarah hingga kini sebagai warisan para pejuang kemerdekaan buat generasi sekarang harusnya di jaga dirawat, siapa lagi kalau bukan kita

Bambang
13 Juni 2020 8:24

Awalnya saya tidak tahu persis di mana letak Tugu Renville Banjarnegara ini. Mah kebetulan saya iseng saja naik motor dari Gombong melalui jalan Sempor terus menuju Banjarnegara. Nah setelah keluar dari Pasar Mandiraja, saya dapat jalan raya besar yang ternyata jalan lintas Propinsi antara Purwokerto dan Banjarnegara.

Saya pun belok kanan ke arah Banjarnegara. Ternyata Tugu Renville ada di sisi jalan di Desa Joho, Kecamatan Bawang Banjarnegara yang dulunya jadi batas wilayah antara Indonesia dan Belanda.

Tugu sangat terawat dan dipagar. Ini bagus karena letaknya di tepi jalan raya, jadi orang yang lewat bisa langsung melihat dan tahu tugu itu. Berbeda dengan Tugu Renville yang letaknya tersembunyi di sisi rel kereta api.

Ardiyan
18 Februari 2019 5:24

Monumen peringatan atas berlakunya garis Demarkasi van Mook yang membagi wilayah Republik Indonesia pasca Agresi Militer I. Secara tidak langsung Kabupaten Banjarnegara menjadi tapal batas wilayah RI dengan kedudukan Belanda, dari sini dapat disimpul bahwa kota Banjarnegara juga punya peranan dalam khazah sejarah bangsa ini.

Sagiyo
22 Januari 2019 11:02

Tugu Perjanjian Renville di Joho dan beberapa prasasti di wilayah utara Banjarnegara ini menjadi penanda sejarah revolusi. Tujuh puluh tahun silam, tepatnya 17 Januari 1948 Kota Dawet Ayu pernah diiris garis demarkasi (batas).

Akibat Agresi Militer Belanda yang berdarah-darah saat itu, melalui Garis Demarkasi Van Mook, Banjarnegara dibelah dua. Sebagian wilayah barat terpaksa diserahkan kepada kolonial Belanda dan tersisa sisi timur yang masih tetap dipangkuan Republik.

Amirulloh
20 Juni 2018 21:52

Ini Monumen batas Indonesia vs Penjajah. Value Historycalnya sangat tinggi buat Indoneaia. Sungai disebelahnya sbg pembatas. Sangat indah kalau di kelola dg baik. Tapi sampai sekarang seakan masih TIDUR.

Khamim
13 Januari 2018 4:41

Monumen Perjanjian Renville ini terletak di perbatasan Desa Joho Kec. Bawang dan Desa Gumiwang Kec. Purwanegara Kab. Banjarnegara. Banyak mitos tentang patung di tugu ini, beberapa orang bilang patung ini bisa berubah posisi berdirinya.

Amin
17 Mei 2017 15:10

Makna dari monumen perjuangan jadi hilang krn tempatnya dibiarkan tak terawat dan ngga pernah disentuh,

Tambahkan ulasan