ULASANTEMPAT.COM

Pondok Saladah

Alamat Jl. Kawah Papandayan, Sirnajaya, West Java
Kategori Campground
Peringkat 4.8 37 ulasan
Perusahaan serupa di dekatnya
Camp David, Papandayan Mountain — Karamat Wangi, Cisurupan, West Java
Papandayan Camping Ground — Nangklak Jl. Kawah Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan, West Java
Hutan Mati Gunung PAPANDAYAN — Karamat Wangi, Cisurupan, West Java

Pondok Saladah ulasan

37
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Piter
22 Agustus 2023 2:24

Kemaren camp pas lagi dingin dinginnya.suhu dibawah 5'
kalo lagi cerah malem bisa lihat milky way
tempat sangat bagus.toilet cukup bersih.air sangat dingin.

putrialf
15 Juli 2023 12:14

Pemandangan di tempat camping gunung Papandayan. Udaranya dingin bangettt, kalo gak bikin api unggun sendiri bisa ikut angetin badan di api unggun yang ada di warung warung.

Dewi
16 April 2023 13:10

Tempat asyik buat kemping. Deket sama tempat untuk nikmati bunga edelwes. Banyak warung bisa makan minum ngopi juga siduru di malam hari:)
Suhu malam dingin bgt, bawa jaket ya.
Jalan kaki dari gerbang utama 2 jam an.
Bahan makanan gantung di atas supaya ga dimakan babi.
Tenda hati-hati diseruduk babi kalau bawa makanan yg bau anyir.

Ardi
25 Maret 2023 7:43

Udara yang sejuk disiang hari dan dingin di malam hari, pemandangan yang indah, lahan yang luas, MCK yang memadai dengan air yang melimpah sangat ideal untuk nge camp baik sendiri ataupun bersama teman dan keluarga. Jangan khawatir jika kehabisan logistik dikala nge camp, karena ada warung yang standby untuk kebutuhan tersebut.

A3 Abat
10 Maret 2023 4:30

Papandayan indahnya
Alhamdulillah refresing bersama Main Outdoor di Papandayan camping di pondok Saladah

Puji
15 Februari 2023 21:52

Lokasi camping yg bersih, nyaman, aman. Deretan warung & toilet jg terjaga kebersihannya. Mantab

Asep
12 Januari 2023 22:34

Banyak hal baru yg bza kita temuin d gunung, apalagi bagi mereka yg baru nyoba muncak, kbetulan pondok saladah Papandayan aman buat mereka yg baru mau coba hal hal baru

Iyan
25 November 2022 9:03

Ini tempat camp yang cukup luas dan juga tempat nya begitu nyaman fasilitas pun sangat lengkap dan terjaga kebersihannya

Eli
05 Agustus 2022 18:18

1. Tiket kemah 55 ribu, parkir motor 15 ribu
2. Pondok saladah sangat luas, bisa untuk kemah 1000 orang
3. Air bersih dan dingin sekali, karena sumber air ada di sini
4. Ada pohon edelweiss
5. Ada yang jual bubur kacang, cilok, cuanki, nasgor, teh anget, kopi, dll jangan khawatir soal logistik, mereka buka setiap hari
6. Security yang cukup ramah
7. WC seadanya/kurang bersih tapi layak digunakan
8. Ada yg sewakan tenda dan alat kemah lainnya
9. Ada paket Camping VVIP Glaam 750 ribu per orang
10. Teh anget 5000an
11. Aqua botol sedang 7000an

sumarna
16 Juli 2022 17:53

Tempat nge camp yang keren, perlu perjuangan ke tempat ini, jalan yang paling dekat lewat Hutan Mati perlu waktu 1,5 jam dengan jarak 2 km dari tempat parkir, elevasi 2300 mdpl, dingin ya jelas airnya melebihi air es. Jangan takun kekurangan makanan yang jual makan, nasi, POP Mie, Indomie, bakwan lengkap pokoknya.

Moh
15 Juli 2022 9:50

Ada pertokoannya tidak seperti gunung yang lain.
Cuman tempat camping yang disunrise terlalu sempit.nggak apa lah nikmat tuhan

Atha
09 Juli 2022 0:01

Tempat terbaik melihat bintang dikala malam dan tidak banyak pengunjung. Terakhir bisa melihat pergerakan miljy way dengan mata telanjang.

aries
24 Juni 2022 16:36

Lumayan buat yang hanya ingin melatih kaki. Untuk pendaki gunung, tergolong gunung untuk pemula. Tempat camping paling ok.

Note: buat pendaki gunung yang benaran pendaki, wajib naik sampai puncak sejati papandayan 2665 mdpl (wajib make guide karena jalurnya banyak tertutup dan jurang kiri kanan). Puncak hamparan edelweis bukanlah puncak papandayan, itu di 2320mdl (walau banyak yang bilang itu puncak papandayan, jika sampai di sana akan paham)

Andi
06 April 2022 13:12

The best. Pengalaman pertama hiking naik gunung beneran. Luar biasa, pas naik hujan-hujanan ditambah jadi seksi dokumentasi. Luar biasa.

diah
17 Juli 2021 4:41

Camp kedua kalinya di sini. Fasilitas nya semakin lengkap, cocok untuk pemula, & hati² dengan babi hutannya yah. Jangan lupa untuk selalu gantung di pohon semua makanan & sampah.

Aldy
15 Juli 2021 9:01

Luas, Asri dan dilingkari oleh hutan lebat, di pos ada sinyal tipis-tipis, shelter, toilet, warung, spot foto, dan Padang rumput yang luas, lokasi dekat dari Hutan Mati.

surya
15 April 2020 5:08

Lengkap serba ada. Kalo yang mager buat masak.gak perlu khawatir. Pondok salada menyediakan kebutuhan pangan anda.

wanayasak
13 Oktober 2019 21:57

Salah satu camping ground yang dingin diantara gunung2 yang lain menurut saya. Semua pasti tahu kalau camping salada adalah tempat mendirikan tenda di kawasan papandayan. Lokasinya cukup landai dan selebar lapangan bola di area campnya. Hampir nyaris serata lapangan dan sekitarnya di kelilingi pohon yang rimbun tidak terlalu besar dan aman dari ranting ataupun pohon yang tumbang.

Sewajarnya di indonesia setiap weekend pasti setiap camping ground di gunung rame apalagi minat kegiatan melakukan perjalanan alam bebas makin meningkat. Bakal ditemua banyak orang bahkan anak anak berjalan digunung setiap weekend.

Camp salada dekat dengan sumber air dan juga sudah ada toilet disana. Ada lagi yang menarik disana juga sudah dekat sama sumber indomie rebus dan gedang goreng. Rawon. Dan snack lainnya yang ada di warung hampir 10 kios sudah bertengger disana. Kita gak perlu bawa banyak logistik pelengkap karena untuk menambah minat makan cukup geser beberapa meter tinggal pilih apa yang di inginkan.

Catatan untuk makanan. Jangan membawa banyak makanan disana kerena pondok salada termasuk tempat yang masih asri dan disana juga masih sering mampir babi hutan senior yang berukuran sebesar kambing dan taringnya pun sudah panjang hahahha. Rada ngeri sih. Babi terkenal memiliki pencimuna yang yang tajam. Makanya kalau ada makanan di tenda baik siang maupun mapam hari suka di datangi. Susahnya kalau datang dari pintu belakang tenda tanpa salam. Bakal dadal dual cover sama inner tenda serta makanan yang acak acakan di hajar oleh babi hutan.
DASAR BABI!
Tip untuk mengamankan tenda dari babi hutan cukup tidak menaruh makana didalam tenda meskipun ada yg jaga sekalipun. Tetap jangan taruh makanan apapun dalam tenda.
Makanan bisa diletakkan di gantungin di pohon segingga babi hutan sulit menjangkaunya serta bungkus yang rapi biar gak mencokok atau cantolin hammocke.

Hmmm ayunan kekinian hammock juga sangat cocok dibawa ke pondok salada karena banyak pilihan pohon yang kuat untuk pengait hammock di sekitarnya. Tak hanya satu, kalian juga bisa memasang ratusan hammoce disana. Menarik kan.

Menurut saya, Yang paling menyenangkan digunung adalah ketika kita bisa menyalakan api unggun ketika malam hari. Dimana suhu dingin yang kita rasakan dinetralkan oleh kehangatan nyala api. Serta ditambah beberapa teman yang berkeliling diaamping kita. Makan akan menjadi momment soesial di gunung untuk berbincang. Berbincang apapun yang ingin kita utarakan. Dan kalau kita sulit mendapat kayu kering. Kita bisa nebeng di setiap warung yang ada disana. Karena kebanyakan dari mereka menyalakan api untuk menarik pembeli dan mencari teman untuk berbincang.

Dirikan tenda di tempat yang landai dan tanah disana menurut saya cukup empuk beserta rumputnya. Mari jaga kebersihan untuk lingkungan dan orang sekekliling kita. Jangan dicemari dengan banyak detergen disana.

Farid
10 Oktober 2019 3:23

Camping ground yang luas, kondisi lapang berumput, terdapat lokasi di dekat pepohonan dan edelweis, fasilitas umum ada toilet, mushola, warung, pos penjaga dan tempat penampung sampah, jalur terdekat menuju Pondok Salada dapat dilalui lewat Hutan Mati.

Lia
02 Oktober 2019 7:19

Spot camping dengan fasilitas lengkap, khususnya musholla&toilet. Bersih, hanya saja terlalu ramai dengan kios2 pedagang

Tambahkan ulasan