ULASANTEMPAT.COM

Kawah Papandayan

Alamat Sirnajaya, Cisurupan, West Java
Jam 07:00-17:00
Kategori Tourist Attraction
Peringkat 4.5 29 ulasan
Cabang terdekat
Kawah Papandayan Hot Spring — Sirnajaya, Cisurupan, West Java
Perusahaan serupa di dekatnya
Dusun Jaya Coffee Mount Papandayan — Jl. Kawah Papandayan, Sirnajaya, West Java
Camp David, Papandayan Mountain — Karamat Wangi, Cisurupan, West Java
Gunung Papandayan Garut — Karamat Wangi, Cisurupan, West Java

Kawah Papandayan ulasan

29
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Boyna
28 September 2023 5:39

Camping di papandayan masih ramah lingkungan dan mck ad disetiap pos, tracking sampai di spot sunrise hanya 2.5jam sudah termasuk istirahat.setiap pos tersedia toilet dan air serta ad warung, jadi jangan takut kehausan dan kelaperan.

Rustam
24 Juli 2023 12:31

Kereeen abis, bila ingin menikmati suasana lokasi spot swafoto, best view dll.usahakan di weekday biar ga terlalu ramai.

putrialf
17 Juli 2023 18:33

Pemandangan kawah gunung papandayan ini nyegerin banget, udaranya seger, hangat, bau belerang udah pasti ya. Wajib di coba traking ke Papandayan untuk yang sumpek banget di kota. Jalur traking masih friendly, bahkan banyak lansia dan anak anak yang traking kesini.

Dina
16 Juli 2023 17:25

I can't say the words for the view.
Amazinggggg!

Cuman jalan menuju kesana sangat rusak, sayang disayangkan.
Padahal banyak sekali wisatan yg berkunjung.
Semoga jalan rayanya segera diperbaiki.

yudhi
03 Juli 2023 20:56

Alhamdulillah bisa mengunjungi gunung yang katanya paling mahal seJawaBarat. Parkir R4 dan 4 orang totalnya 160rb, parkiran luas, disambut oleh kabut di parkiran. Suasananya adem dengan angin yang dingin.
Naik ke atas lumayan menguras tenaga bagi pendaki pemula. Siapkan minuman dan camilan untuk naik ke atas. Istirahat ada pos yang bisa digunakan.

bela
25 Juni 2023 13:37

Jauh jauh dari bogor liat di Traveloka order view gunung di foto gunung dan sawah nyatanya dapet kamar view tembok gunungnya dikit

Bilkis
14 Juni 2023 1:36

Absolutely amazing view to be wowed by the sunrise. Up close with volcano craters still producing steam. Rivers with different hues

Banuaji
21 Mei 2023 20:29

Saya pergi kesana dengan teman saya dengan berat lebih dari 120kg dan berhasil sampai lokasi sekitar 3jam dengan beban carrier sekitar 14kg. Memang lama tapi bisa. Jadi yang ingin kesana jangan ragu bisa atau tidaknya. Pasti bisa jika mau walau lama. Tempatnya enak.

Diatas ada warung untuk beli cemilan dan minum atau cuma mau hangout. Toilet relatif bersih. Disana pun ada tempat untuk cuci alat masak dkk.

Masalahnya cuma ada babi hutan jadi semua yang punya bau harus digantung di pohon yang relatif tinggi agar kita aman. Tapi kalau saya bilang ya disana letak keseruannya ya. Walau tidak pasti bertemu dengan mereka sih.

Weekend relatif ramai tapi tidak ribut pas jam tidur. Cukup nyaman jadinya bisa istirahat.

Franklin
14 Mei 2019 5:47

Landscapenya luar biasa, fasilitas sudah cukip Baik ada toilet dan pondok2 di jalur pendakian. Jalur pendakian baik juga utk anak kecil. Belum ada restaurant, cukuplah ada warung2 kecil lumayan makanannya.
Listrik masih perlu peningkatan fasilitas, signal kadang hilang, krn tower mati. Secara umum, oke ooq buat camping keluarga.

Iskandar
05 Januari 2019 2:07

Gunung Papandayan merupakan gunung pertama yang saya daki alias pertama kali mendaki ya gunung ini. Pastinya deg deg an dan bercampur aduk perasaan. Namanya juga pertama kali. Buat saya yang pertama kali ke gunung ini sangat menyenangkan kenapa demikian? Treknya cukup bersahabat buat pemula kayak saya. Menyenangkan intinya mendaki ke sini dengan team yg memang mensupport saya sebagai pemula. Kondisi alamnya sangat bersahabat. Pemandangan dan udara yg bersih membuat saya bersemangat ke gunung ini. Fasilitasnya juga sdh cukup bagus. Mulai area buat berkemah, fasilitas makan karena banyak warung yg tersedia disini. Hitung hitung berkontribusi buat pedagang di sini. Hebatnya lagi waktu pertama kali datang tersedia warung kupi ala ala barista sederhana. Harganya murah banget Pokoke mantap lah. Selama perjalanan juga kita akan bertemu warung sederhana yg menjual keperluan buat istirahat sejenak. Ada mie.kopi.berbagai macam gorengan dan berbagai aneka minuman panas dan dingin. Ada cuangki, ada bakso dan ada cilok suka banget enak. Ada juga semangka. Cuacanya dingin banget. Kalau mandi waouw seperti mandi es. Patut dicoba. Sueger banget.

Barracudax
16 Desember 2018 7:15

Kawah dan gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi wisata alam favorit di Garut. Tempatnya mudah dicapai, dengan keindahan alam yang keren banget. Disini anda bisa berwisata di kompleks kawah Papandayan, berpetualang sampai ke padang edelweiss tegal alun, berfoto ria di tebing atas, atau bahkan menjemput sunrise di tebing sunrise Papandayan.

Jalan menju lokasi juga sudah bagus, tidak seperti dulu yang jelek setelah letusan terakhir papandayan. Tapi, jika akan berkunjung kesini perlu dilihat juga kondisinya apakah sedang ditutup lokasinya atau ngga, karena dalam kondisi cuaca ekstrem kompleks wisata ini kadnag ditutup sementara oleh pihak yang berwenang.

Jajang
08 Desember 2018 19:54

Papandayan termasuk salah satu gunung api yang masih aktif dengan kawah-kawah identik berpindah-pindah secara acak.para pengunjung dapat melihat kawah-kawah tersebut secara dekat. Teradapat 14 kawah dan yang paling besar adalah kawah Mas dengan lebar kurang lebih 150 meter. Kawah ini bergemuruh layaknya suara mesin pesawat jet. Dari 14 kawah ini masing-masing kawah mengeluarkan asap yang berberda-beda ada yang berwarna hijau hingga ada yang berwarna emas. Udara disekitar kawah cukup panas, sehingga saya sarankan untuk memakai baju dengan bahan yang dingin. Selain menikmati kawah disana kita juga bisa menemukan hamparan bunga Eidelweiss (anaphalis javanica). Sebagian orang percaya bahwa air yang ada dikawah ini bisa digunakan sebagai obat yang paling mujarab untuk penyakit kulit.

Audri
29 November 2018 4:18

Luar biasa indah nan megah nyaa kawah papandayan ini, saya waktu pertama kali ke kawah papandayan ini sangat takjub melihat nyaaa saking saya suka dengan papandayan ini saya sudah 3 kali tetapi yang 2 nya saya hanya pulang pergi tidak ngecamp nah untuk ke 3 kali nya saya ngecamp dan emang sangat begituu dingin banget papandayan inii jika malam hari kebayangkan siang aja udah dingin apalagi malam beuhh dingin bangett, buat kalian yang mau ngecamp jangan lupa bawa kaos kaki yang buanyak dan jaket yang tebal agar kalian tdk kedinginan banget.

Wulan
19 November 2018 20:09

Kesini itu taun 2014.dan asli kaget dr taun 2004 ane mulai berkecimpung di dunia penanjakan baru pertama kali ngeliat abang bakso gotong gerobakny ampe ke pondok saladah.ditambah pula pas lg ngecamp.alamak kayak pasar malam.berisik.ga tenang dan sunyi jd kesan alami suasana gunungnya ilang.gegara ini ane jd off dalam dunia penanjakan
SELALU BAWA TURUN SAMPAHMU, JANGAN MERUSAK ALAM, DAN GALI LUBANG BUAT BUANG PUPMU. AGAR GUNUNG TETAP LESTARI DAN ALAMI

ken
21 Oktober 2018 20:24

Pergi ke kawah dengan fasilitas yg ok, wc lumayan terawat. Beberapa wc terlihat msh baru. Air pun tersedia dgn layak, walaupun di tengah gunung kapur. Ada beberapa saung untuk tempat ngaso. Ini bukan real pendakian tp tracking ato spt tea walk.

Supriatna
05 Oktober 2018 0:04

Tempatnya jadi kereeen san nyaman. Menuju puncak sudah pakai tangga. Tapu harga masuk mahal eeuuy.ya sesuai fasilitas yang ada sih.hehe

Farish
02 Oktober 2018 22:26

Salah satu tujuan wisata di kabupaten garut. Semenjak diambil alih pengelolaan nya oleh pihak swasta, sarana dan prasarana menjadi lebih baik. Satu yang menjadi concern selain sarana dan prasarana adalah kebersihan jalur hiking dan camping ground yang boleh dibilang meningkat, walaupun masih bisa kita temukan beberapa sampah ulah oknum pengunjung. Kekurangannya mungkin adalah biaya tiket masuk yang menjadi mahal namun dengan apa yang kita dapatkan cukup setimpal.

Aris
29 September 2018 7:50

Alam yang indah dan asri. Semoga pengelola Papandayan ngerti cara memelihara alam, jangan sampe nambah kerusakan. Semoga pengunjung juga memperhatikan kebersihan dan kelestarian alam.

Evan
28 September 2018 22:18

Mantap, nikmat dan sangat menggugah selera jika sudah bersusah payah mendaki jalur kawah lalu kita makan di warung yang ada di sini

Heru
28 September 2018 12:07

Nambah lagi pengalaman di kota Garut Jawa Barat, tepatnya di gunung Papandayan yang murah meriah. Liburan terasa berkualitas sekali datanf kesini. Spot pemandangan yang tiada tara. Dokumentasi Februari 2018.

Tambahkan ulasan