ULASANTEMPAT.COM

Pura Samuan Tiga

Alamat Jl. Pura Samuan Tiga, Bedulu, Blahbatuh, Bali
Jam 06:00-19:00
Kategori Hindu Temple, Tourist Attraction
Peringkat 4.9 13 ulasan
Perusahaan serupa di dekatnya
Goa Gajah — Bedulu, Blahbatuh, Bali
Pura Desa Ubud — Jl. Raya Ubud No.35, Ubud, Bali
Ubud Water Palace — Jl. Suweta No.6, Ubud, Bali
Saraswati Temple — Jl. Kajeng, Ubud, Bali

Pura Samuan Tiga ulasan

13
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Timur
10 Juli 2023 21:21

Very beautiful authentic temple, we were the only tourists. Would definitely go again, also close to remote waterfalls.

Daes
02 Juni 2023 19:16

Saat piodalan sangat rame, biasanya sembahyang di 4 lokasi dr beji, rambut sedana, penataran, lingkungannya asri n banyak terdapat pedagang pas pulangnya utk istirahat sambil mengisi perut, rahayu

Putra
21 Agustus 2022 3:06

Holy sites. Referring to Foundation of Life (As Trinity - Minimum Foundation 1-2-3). Priority as Phisycal Being.

Piodalan ring Rainan Kuningan.
Karya ring Raine Purname sasih Ka-Jyesta, nemu dine Pasah.

Wayan
14 Juni 2022 10:54

Badhahulu atau sekarang dikenal dengan nama Bedulu sejatinya adalah sebuah desa kuno dan unik. Desa ini, diyakini banyak kalangan, pernah menjadi pusat peradaban di Bali, bahkan sudah menjadi pemukiman sejak masa prasejarah. Bukti-bukti seperti ditemukannya sarkofagus di salah satu rumah warga di desa ini menjadi penanda masa itu. Desa ini juga pernah menjadi pusat pemerintahan Bali sejak dari Dinasti Warmadewa, saat pemerintahan Maharaja Sri Astasura Ratna Bumi Banten (Asta= Delapan, Sura= Dewa, Ratna= Permata, Bumi Banten= Tanah Bali) artinya raja yang membawahi delapan wilayah kekuasaan di Bali. Bukti lain bahwa Badahulu pernah menjadi pusat metropolis Bali adalah tata pemerintahan yang sudah tersusun rapi dan juga mengangkat menteri perwakilan daerah seluruh Bali dan panglima perang.

@sumberwikipedia.org

Gus
08 Juni 2022 17:21

Piodalan pura pada hari raya kuningan dan pura ini merupakan cikal bakal berdirinya kahyangan tiga dibali.

Rusmandana
21 Mei 2022 7:04

Pura samuan tiga, yang terletak di desa bedulu, blahbatuh, gianyar, yg sebentar lagi piodalan tgl 17-04-2022

wari
07 Mei 2022 16:35

Penduduknya ramah, baru pertama kali tangkil (kesana) dibantu sekali dari tata caranya, tempat tempat sembahyang nya semua diberiikan informasi.suasananya tenang. The real healing

Kevin
29 April 2022 19:27

Tempat suci yang tempatnya sangat strategis, di wilayah gianyar bedulu, dekat dengan obyek wisata gua gajah

Mahitri
29 September 2019 9:43

Suasanya asri sekali, walaupun hawa di gianyar secara umum panas.
Di areal pura ini teduh karena banyak pohon2 pelindung.

Kelly
28 Agustus 2019 10:55

It was very quiet during a recent trip to this temple. Nice place with to walk around and see some interesting archetecture for a small donation.

Kadek
10 Agustus 2019 10:05

Pura ini sangat menenangkan bagi saya, semoga semua pura-pura di Bali selalu terjaga keindahan dan kesuciannya

Ari
17 Desember 2018 10:00

Saya sangat beruntung tinggal di dekat Pura yg bersejarah satu ini. Pura ini merupakan cikal bakal penyatuan sekte-sekte yg berkembang di Bali pada masa itu.
Jika dilihat dari segi arsitektur Pura ini begitu indah dan unik. Saya sangat suka dgn lingkungan di luar Pura yg terkesan sangat romantik dan sangat nyaman. Pohon beringin di luar Pura yg rindang menambah suasana santai dan penuh keakraban. Pura ini mengadopsi konsep Surga-Neraka dlm penataan Lawa Pura, dgn Ajaran Siwa-Budha. Di sebelah selatan Pura terdapat stage dan aula tempat pementasan pada zaman Presiden Soekarno. Di sebelah barat Pura, tepatnya di wantilan, biasanya sering digelar event-event berskala lokal-interlokal sampai event2 brskala internasional. Tempatnya aman dan nyaman. Coba brkunjung dan nikmati suasana penuh keakraban

Yan
11 November 2018 12:26

Merupakan salah satu pura tertua dibali Kedatangan Mpu Kuturan menjadi tonggak pemersatu sekte-sekte Hindu yang berkembang di Bali dan kemudia didominasi oleh sekte Siwa Sidhanta. Untuk menyatukan semua sekte tersebut, Mpu Kuturan memperkenalkan konsep Tri Murti yang di Jawa dimanifestasikan dalam bentuk Candi seperti Candi Loro Jonggrang (Prambanan) dimana melalui Candi tersebut dipuja Dewa Brahma, Wisnu dan Ciwa.
Konsep Tri Murti yang diperkenalkan oleh Mpu Kuturan kemudian diterapkan dalam pola Desa Pakraman dengan pendirian pura Kahyangan Tiga untuk setiap desa. Bagi setiap keluarga, diterapkan pembangunan Sanggar Kemulan Rong Tiga dengan didukung berbagai pedoman kehidupan keagamaan lainnya.
Mpu Kuturan, disamping ahli dalam Rajaniti (hukum pemerintahan), beliau juga sebagai tokoh yang sempurna dalam falsafah keagamaan sebagai arsitek agung yang berlandaskan ajaran agama terutama dalam penatan berbagai pura di Bali, termasuk Pura Agung Besakih.

Tambahkan ulasan