ULASANTEMPAT.COM

Pura Dalem Puri

Alamat Jl. Raya Menanga No.11, Besakih, Rendang, Bali
Situs web www.besakihbali.com
Kategori Hindu Temple, Tourist Attraction
Peringkat 4.5 19 ulasan
Cabang terdekat
Pura Manik Mas — Besakih, Rendang, Bali
Pura Gowa Raja — Besakih, Rendang, Bali
Besakih Temple — Besakih, Rendang, Bali
Pura Tirta Pingit Besakih — Besakih, Rendang, Bali
Perusahaan serupa di dekatnya
PURA KAYU SELEM — kedungdung, Pempatan, Rendang, Bali
PURA TIRTHA WASUKI, BESAKIH BALI — Besakih, Rendang, Bali
Pura Bangun Sakti Besakih — Besakih, Rendang, Bali

Pura Dalem Puri ulasan

19
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Wayan
10 Juni 2023 21:14

Penataan seputaran Pura Dalem Puri semakin bagus, namun ada yg disayangkan masalah parkir memang tersedia tempat parkir namun pengaturnya yg tidak kelihatan, sehingga kendaraan parkir atur sendiri semaunya asal dapat tempat saja tidak memikirkan jalan keluar untuk yg akan keluar.ketika akan meninggalkan parkir baru ada orang yg minta jasa parkir itu kurang elok, perlu diberdayakan untuk memperbaiki citra kepada pengunjung

made
26 Januari 2023 6:52

Pura Dalem Puri Besakih

Perlu mendapat perhatian khusus untuk tata kelola sampah

Ketut
30 Oktober 2022 13:09

Pura Dalem Puri berlokasi tidak jauh dari Pura Penataran Agung Besakih. Di pura ini divisualisasikan keberadaan sorga dan neraka sesuai dengan konsep ajaran Hindu Siwa Sidhanta.

Heni
20 April 2022 9:18

It was my fourth visit with my family to this sacred temple. Pura Dalem Puri is one of the Besakih temple complexes. Hindus people in Bali believe this temple is a visualization of the existence of heaven and hell, in accordance with the concept of Hindus Shiva Sidhanta's. It was such a nice visit with my whole family, the temple was clean, sacred place with such a mystical vibes, we will definitely pray to Pura Dalem Puri again in very near future.

kartika
04 Februari 2022 6:14

One of most important temples for Balinese People. There are meaningfull sub parts of the temple to ilustrate the journey after death.

Mohanadarshan
01 Januari 2020 17:24

One of the oldest temple in Bali; some people call it as mother temple. One of the calm place. We have visited on the early morning and it was Soo calm. As per our guide, there are many small temples for each communities/caste in this place. There is a dedicated parking facility available. You have to buy a ticket to enter this place. Ticket includes a sarong and a guide to help to roam around the place.

Putu
27 Desember 2019 17:08

Tempat/ sthana Leluhur yang masih ngayah di sunialoka. Lengkap dengan Tegal Penangsaran di Jaba sisi, dan Pelinggih Ratu Prajapati di Jaba Tengah. Di jeroan linggih Ida Dalem Puri. Terasa merinding2 gimana gitu, serasa disapa oleh Leluhur. Salam rahayu Semeton

GEDE
13 Desember 2019 8:57

If you believe karma,
In bali we believe here the spirit of the people who love to do evil

puput
06 Desember 2019 11:49

Puranya bersih, banyak tempat sampah tersedia. Tapi di pelataran parkir dan warung makannya tidak tersedia tempat sampah. Mohon dijadikan perhatian supaya lingkungan disekitar pura juga bersih

Putu
08 November 2019 20:25

Pura ini menjadi salah satu Pura yang pasti diketahui oleh umat Hindu yang di Bali. Semua orang Hindu di Bali pasti akan datang dan bersembahyang ke Pura ini setelah selesai melaksanakan upcata ngaben.

ocean_
20 Maret 2019 11:50

Pura yg dipercaya untuk memuja para dewata, dari segi penataan pura sangat bagus, tp para pedagang acung masih suka memaksa pengunjung, dan parkir yg mahal juga tanpa karcis kayak preman nyetop2, tarif 10rb.

Bali
16 Maret 2019 2:52

Pura dalem puri biasanya dipakai tempat bersembnyangan meajar ajar yg merupakan prosesi setelah upacara pengabenan. Namun di pura ini diadakan upacara setiap tahun yg tepatnya pada bulan januari atau pada saat hari Tilem Kapitu. Di pura ini biasanya dipakai untuk pemujaan leluhur umat hindu yang sudah tiada. Baik yg sudah diaben maupun yang belum. Sehinggga para pemedek yang tangkil/datang biasanya membawa sesajen yang berupa jajan, makanan, kopi, rokok, base buah/Lekesan, dan yg lain2 yang hampir sama makanan seperti manusia masih hidup. Jdi tujuannya adalah untuk mengunjungi dan menyuguhkan ke para roh roh yang sudah tiada karena konon katanya mereka pada sasih tilem kepitu selama piodalan/upacara para roh leluhur berkumpul di pura ini untuk ngayah/bekerja.

Sudi
10 Juni 2018 7:23

Pura ini berada di kawasan pura Besakih, terletak jauh di selatan Pura Penataran Agung Besakih. Di pura ini distanakan Bhatari Durga. Dahulu pura ini disebut Pura Dalem Kedewatan. Umat Hindu seusai mengadakan Upakara Pitra Yadnya, yaitu ngaben dan Memukur atau Ngeroras biasanya ke pura ini untuk mendak dan Nuntun Sang Pitara untuk distanakan di Sanggah atau Pemerajan masing-masing.

Agus
29 Maret 2018 16:13

Pura ini bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai gerbang para roh leluhur. Di bagian luar ada Pura Tegal Penangsaran. Di tengah ada Prajapati. Dan pura Dalem di utama Mandala. Biasanya setelah ngaben para leluhur yang telah suci dituntun pulang untuk distanakan di merajan atau sanggah kemulan masing-masing. Kalau pas masa odalan di pura Besakih, pura ini juga pasti ikut ramai. Sebagai rangkaian wilayah dari Pura Besakih itu sendiri.

Ardana
24 Februari 2018 9:18

Upacara rutin setahun sekali agama hindu seluruh bali berpusat di pura dalem puri besakih persembahan dan rasa bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi dan para "pitara" leluhur yang belum maupun telah diaben sampai upacara ngeroras.

Rangkaian upacara pitra yadnya ngeroras juga tidak lepas dari pura dalem puri

Kurnain
15 Februari 2018 15:26

Indah sekali, sayang di rusak oleh para asongan yang sedikit memaksa.juga penyewaan kain yang harusnya bisa di gratiskan

I Made Suarsana
30 Desember 2017 20:19

Astungkare. Anak saya urat kakinya terkilir, dgn pijatan 2xsaja. Kakinya sudah sembuh. Suksma. Pak Mangku.

Ni Nengah Latriani
15 September 2017 18:02

Om Swastiastu. Sedurungne titiang nunas agung rna pengampura majeng ida sang hyang widhi indik napi sane kasurat titiang iriki.

Mangda sami presida memarga antar risedek pare pemedek nangkil ke purian. Nunas uratian pare pedagang mangda nenten meadolan ring pungkur margi ngeranjing wiadin medal.
Matur Suksma antuk uratian nyane
Om Santih Santih Santih Om

Ngurah
03 April 2017 0:37

Balinese mother temple. Located in Karangasem, east side of Bali. You will find all information about Balinese religion in one place.

Tambahkan ulasan