ULASANTEMPAT.COM

Museum Bung Karno

Alamat Jl. Raya Puputan No.80, Dangin Puri Klod, East Denpasar, Bali
Telepon +62 813-8450-0092
Jam
Senin09:00-17:00
Selasa09:00-17:00
Rabu09:00-17:00
Kamis09:00-17:00
Jumat09:00-17:00
Sabtu09:00-17:00
Kategori Local History Museum, History Museum, Tourist Attraction
Peringkat 4.6 7 ulasan

Museum Bung Karno ulasan

7
Sortir dengan: tanggal rating tertinggi nilai terendah paling bermanfaat
Garry
16 Agustus 2023 0:28

Museumnya tidak besar, namun barang yang ada disitu cukup lengkap untuk melihat memorabilia Bung Karno.
Untuk melihat isi museum ini hanya butuh sekitar 15-20 menit saja.
Kalau hanya sekedar lewat, silahkan mengunjungi.

art
28 Juli 2023 17:35

Mengenang pahlawan Nasional Indonesia sebagai warga negara Indonesia kita patut menghormati para pahlawan Nasional Indonesia.

Rahmat
12 Februari 2023 0:06

Selain terdapat makam dan artefak peninggalan milik bung Karno, disini juga terdapat unit perpustakaan yang dikelola perpustakaan nasional berisi buku, naskah, serta tulisan yang berkaitan dengan bung Karno serta pemikirannya.

Masuknya gratis, kecuali jika ingin berziarah ke makamnya

neptuz
13 November 2018 7:46

Museum adalah institusi permanen,  nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada masyarakatuntuk kebutuhan studi,  pendidikan, dan kesenangan. Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei diperingati sebagai Hari Museum Internasional.

Secara etimologis, museum berasal dari kata Yunani,  Μουσεῖον atau mouseion, yang sebenarnya merujuk kepada nama kuil untuk sembilan Dewi Muses, anak-anak Dewa Zeus yang melambangkan ilmu dan kesenian. Bangunan lain yang diketahui berhubungan dengan sejarah museum adalah bagian kompleks perpustakaan yang dibangun khusus untuk seni dan sains, terutama filsafat dan riset di Alexandria oleh Ptolemy I Soter pada tahun 280 SM

Museum berkembang seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan manusia semakin membutuhkan bukti-bukti otentik mengenai catatan sejarahkebudayaan.

Di Indonesia, museum yang pertama kalidibangun adalah Museum Radya Pustaka. Selain itu dikenal pula Museum Gajah yang dikenal sebagai yang terlengkap koleksinya di Indonesia,  Museum Wayang,  Persada Soekarno,  Museum Tekstil serta Galeri Nasional Indonesia yang khusus menyajikan koleksi seni rupa modern Indonesia.

Pada awalnya, museum bermula sebagai tempat untuk menyimpan koleksi milik individu, keluarga atau institusi kaya. Benda-benda yang disimpan biasanya merupakan karya seni dan benda-benda yang langka, atau kumpulan benda alam dan artefak arkeologi.

Museum memiliki beragam tipe, dari institusi yang besar dan mencakup banyak kategori, hingga institusi kecil yang memusatkan diri kepada subjek tertentu, lokasi, atau seseorang. Selain itu terdapat museum universal yang koleksinya merepresentasikan dunia dan biasanya koleksinya di antaranya seni, ilmu pengetahuan, sejarah dan sejarah alam. Tipe dan ukuran museum tercermin dalam koleksinya. Sebuah museum biasanya memiliki koleksi inti yang merupakan benda terpenting di bidangnya.  

sumber: wikipedia

Lalu
06 Juni 2018 13:58

Pas kami ke sana, bagian luar museum sedang direnovasi, terutama sekitar patung Bung Karno. Bagian dalamnya sendiri nyaman banget. Cukup dingin dibandingkan bagian luar yang cukup menyengat. Meski demikian, menurut saya tatanan informasi di dalam museum cukup kaku dan kurang atraktif. Bisa jadi menyiasati ruang yang terbatas. Namun, bagi penggemar wisata sejarah, sudah cukup komprehensif informasi yang didapatkan di sini. Tidak hanya foto, lukisan, baju, koper, juga maket museum yang ada di sana, tapi juga koleksi buku, baik yang ditulis oleh Bung Karno maupun penulis lain tentang beliau.

Jika Anda ingin tahu tentang riwayat hidup salah satu pendiri bangsa Indonesia, datanglah ke museum ini.

Mei
06 Mei 2018 7:27

Lengkap napak tilas dari lahir perjuangan pergerakan sampai memproklamasikan kemerdekaan indonesia

alfon
16 Februari 2018 8:12

Saya bangga sebagai orang cinta NKRI ada museum agung bung Karno sebagai laboratoriumnya bangsa

Tambahkan ulasan